Bagaimana cara mendapatkan traffic dari Twitter

Sekilas tentang Twitter

Bagaimana cara mendapatkan traffic dari TwitterSaat ini Twitter adalah salah satu aplikasi web 2,0 terbaru dan terbesar yang mendatangkan banyak traffic. Dari sudut pandang seorang ahli SEO, hal tersebut adalah peluang bagi Anda untuk mendatangkan traffic yang sama bagi blog Anda. 

Bagaimana mendatangkan traffic dari Twitter untuk blog? Caranya sederhana saja, cukup cantumkan link blog/posting Anda pada setiap tweet yang berkaitan dengan tema blog atau posting Anda. Jadi, jika Anda belum memiliki akun Twitter, sebaiknya mulai sekarang segeralah membuat akun Twitter Anda.

Tidak seperti kebanyakan media atau sarana gratis mendapatkan traffic lainnya, Twitter menggunakan platform microblogging, yang berarti bahwa ada pembatasan jumlah karakter dalam pesan. Oleh karena itu, Anda harus ringkas dalam membuat Tweets Anda dan menggunakan spasi yang ada dengan bijaksana. 

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mendapatkan traffic blog Anda dari Twitter:

1. Buatlah profil twitter yang menarik

Profil dan nama pengguna Anda adalah hal pertama dari dua hal yang pengunjung lihat ketika mereka masuk ke halaman Twitter Anda. Jika profil Anda tampak membosankan, jangankan mengunjungi link yang Anda tulis pada tweet, berniat mebaca tweet Anda pun tidak. Jangan membuat bio yang terlalu panjang, cukup Anda masukkan beberapa kata tentang Anda - misalnya : pekerjaan, minat, dll. Anda dapat juga menyertakan beberapa kata kunci (keyword) yang mengacu pada blog Anda di bio.

2. Memilih nama pengguna twitter

Nama pengguna ini juga sangat penting. Anda perlu memilih username yang ditargetkan. Misalnya, jika Anda mempromosikan layanan SEO Anda dan ingin mengarahkan traffic ke blog SEO Anda, Anda dapat memilih nama pengguna (user name) seperti : SEOmaster, SEOguru, SEOservices, dll.

3. Memasukkan URL situs/blog Anda di profil Anda

Menurut beberapa statistik, 80% dari pengguna twitter tidak memberikan URL di bio mereka! Yah, mungkin orang-orang ini tidak membutuhkan SEO dan mereka tidak perlu traffic. Tetapi jika Anda mementingkan SEO dan traffic untuk blog Anda, jangan ragu untuk mecantumkan URL blog Anda pada profil.

4. Kirimkan link profil Anda ke teman-teman, rekan kerja, dan kenalan

Teman, rekan kerja, dan kenalan Anda akan menjadi audiens yang paling setia, jadi jika mereka tidak tahu tentang halaman Twitter Anda, buatlah mereka menyadari apa yang telah mereka lewatkan. Jika Anda memiliki alamat email mereka, atau tahu account mereka di jaringan lain, kirimkan link Anda.

5. Mencari pengguna Twitter dengan minat yang sama

Anda mungkin memiliki jutaan teman-teman, tetapi lebih banyak follower di twitter tentu lebih baik. Itu sebabnya Anda dapat menggunakan fungsi pencarian pada twitter dan menemukan orang-orang dengan minat yang sama. Menemukan sebanyak yang Anda bisa dan mengundang mereka semua. Orang-orang ini mungkin tidak bisa menyamai kesetiaan teman-teman, rekan kerja, dan kenalan Anda, tapi setidaknya Anda mendapatkan traffic dari mereka juga. Beberapa pengguna Twitter melaporkan bahwa 1-2% dari follower mereka mengunjungi situs mereka dalam sehari, bayangkan jika Anda memiliki 1.000 pengikut, Anda mungkin berharap untuk mendapatkan setidaknya 10 atau 20 kunjungan per hari untuk situs Anda.

6. Bersosialisasi dengan baik di Twitter

Ketika Anda aktif di Twitter, membalas tweet atau me-retweet follower Anda dan mengunjungi link mereka, maka ini akan meningkatkan kemungkinan Anda akan mendapatkan perlakukan yang sama. Singkatnya, aktiflah memfollow orang-orang yang memfollow Anda.

7. Update Tweet secara teratur

Sebagaimana semua jenis media lainnya, jika Anda ingin mempertahankan follower Anda, Anda perlu melakukan tweet secara teratur. Menulis tweet pendek hanya memerlukan wktu beberapa detik, tapi itu sudah cukup untuk membuat pengikut Anda bahagia. Tak perlu Saya ajarkan kepada Anda, bahwa Anda harus men-tweet tentang hal-hal yang positif dan berguna… hehe, cukuplah dengan memposting tweet tentang link ke artikel, video, blog, dll.

8. Jangan melakukan spam

Saya rasa cukup jelas tentang hal ini. Semua orang tidak menyukai SPAM dan hal itu dapat meningkatkan resiko Anda kena ban atau blokir.

9. Mengambil keuntungan dari Twitterfeed

Twitterfeed adalah satu layanan yang lebih berguna, Silakan berkunjung pada twitterfeed.com dan mengkonfigurasi feed Anda.

10. Optimasi keberadaan Anda pada hasil pencarian di Twitter

Twitter memiliki fasilitas pencarian yang besar dan keuntungan utamanya adalah hasil pencariannya real-time. Bandingkan dengan Google, mesin pencari Google mungkin cepat dalam pengindeksan halaman tapi tidak pada pengindeksan real-time. Pertimbangkan keinginan para pengguna internet dan twitter khususnya yang berharap mendapat hasil pencarian yang nyata dan real-time. Banyak blogger melaporkan bahwa mereka mendapatkan lebih banyak traffic dari Twitter daripada Google dan sebagian ini disebabkan oleh kenyataan bahwa tweets mereka populer dan pengguna menemukan mereka dengan mudah.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan traffic dari Twitter. Jika Anda kreatif dan jika Anda memantau apa yang terjadi pada Twitter, Anda pasti akan menemukan lebih banyak cara untuk mengarahkan traffic dari Twitter ke blog Anda.

1 Response to "Bagaimana cara mendapatkan traffic dari Twitter"