Search Engine Optimization (SEO)

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?

Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik yang digunakan untuk membuat halaman blog kita lebih berguna bagi pengunjung disamping juga membuatnya lebih transparan dan dapat dipahami oleh search engine. SEO adalah cara murah untuk membantu blog kita mendapatkan lebih banyak pengunjung dengan membuat posting yang berperingkat tinggi dalam hasil pencarian search engine.

SEO Dasar

Meski tidak ada satu pun metode yang paling tepat untuk menaikkan peringkat blog kita dalam mesin pencari, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu blog kita menjadi lebih baik.

1. Menulis konten berkualitas.
Fokuslah pada konten blog kita. Search engine hanya memberikan link ke posting yang relevan, dan mereka terus-menerus menyetel program-program mereka untuk membaca dan mengkaji konten blog kita untuk memastikan bahwa itu sesuatu yang original dan unik. Konten adalah "raja" bagi blog dan mesin pencari.

2. Menulis HTML yang valid.
Ironisnya, hal ini seringkali terlupakan oleh kebanyakan blogger - mereka lebih terfokus pada aspek lain dari SEO dan lupa bahwa hal sederhana seperti penulisan kode HTML yang valid dapat membantu blog agar dapat "dijelajahi" dengan lebih baik oleh search engine dari pada penggunaan meta keyword dan meta deskripsi.

3. Temukan frase keyword yang baik
Tidak perlu terlalu banyak frase, fokus saja pada satu frase yang benar-benar mencerminkan tema posting kita, dan pastikan bahwa frase tersebut hadir dalam isi, headline, dan link-link dalam halaman blog.

4. Optimalkan satu halaman posting dahulu
Tidak jarang blogger menerapkan satu frase keyword untuk seluruh posting karena tidak ingin direpotkan untuk menyusun kembali frase keyword pada setiap posting yang ada. Memang hal tersebut kelihatannya mempermudah mereka dalam mengelola blog, tapi akibatnya malah membuat halaman posting blog tidak dikenali oleh search engine. Akan lebih baik jika kita fokus pada satu halaman posting dahulu, temukan frase keyword yang tepat pada halaman tersebut, lakukan langkah-langkah optimalisasi SEO pada halaman tersebut dan lihat hasilnya. Jika sudah optimal, baru dilanjutkan ke halaman posting berikutnya. Apabila kita memperlakukan setiap halaman posting sebagai halaman masuk (entry page) pada blog kita, maka pengunjung akan memiliki lebih banyak cara untuk menemukan blog kita.

Jangan Menyerah pada SEO

Tidak ada hasil optimalisasi SEO yang instan. Bahkan, meskipun kita telah berulang kali meminta sebuah search engine "merayapi" blog kita, akan membutuhkan waktu berhari-hari untuk menampilkan hasilnya. Dan jika kita mengoptimalkan sebuah halaman blog yang sudah muncul di search engine, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk menerapkan perubahan yang kita buat.

Jangan berkecil hati dengan peringkat yang kita dapatkan, teruslah berusaha menerapkan langkah-langkah optimalisasi SEO pada blog kita dan yakinlah bahwa hasilnya nanti akan sepadan dengan apa yang telah kita usahakan.

Semoga Artikel Search Engine Optimization (SEO) ini bermanfaat bagi Sobat.

0 Response to "Search Engine Optimization (SEO)"

Post a Comment