Tetap Sehat Saat Lebaran


LEBARAN menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Selain bertemu keluarga, akan ada banyak makanan melimpah ruah. Tapi, Anda harus berhati-hati terhadap makanan tersebut. Jangan sampai kesehatan Anda menjadi taruhannya.

ketupatAjang balas dendam saat Lebaran biasa terjadi. Karena makanan yang melimpah ruah, biasanya orang menjadi lapar mata dan ingin menghabiskan semua makanan yang ada  di meja makan. Tapi, sebaiknya Anda patut waspada terutama pada ancaman kolesterol dari opor ayam, rendang, semur daging, dan makanan lain yang tersaji di meja.

Jangan mengira bahwa hanya orang berusia lanjut yang bisa terkena kolesterol. Everydayhealth merilis bahwa anak-anak dan remaja juga bisa terkena kolesterol. Berikut tip untuk menjaga diri Anda dari ancaman kolesterol.

Kurangi makanan berlemak 

Anak-anak yang berusia di atas dua tahun tidak harus mendapatkan lebih dari 30 persen kalori dari lemak. Maka dari itu, jaga anak Anda agar tidak konsumsi makanan berlemak terlalu banyak.

Cukupi asupan buah

Selalu sediakan buah-buahan saat Lebaran. Selain menyegarkan, buah juga dapat menetralisir lemak pada makanan dengan sari dan vitamin dari buah-buahan tersebut.

Sediakan sayuran hijau 

Sayuran hijau menjadi sangat langka saat Lebaran tiba. Jadi, alangkah baiknya jika Anda juga menyimpan sayuran hijau sebagai variasi makanan saat Lebaran.

Hati-hati dengan gula

Kue-kue akan tersaji cantik di meja tamu. Anda harus mengingat gula dan krim yang dapat menaikkan tekanan gula darah Anda. Jagalah asupan makanan Anda agar tidak berlebihan sehingga Anda dapat menjalankan aktivitas setelah Lebaran usai.

Sumber : okezone.com

1 Response to "Tetap Sehat Saat Lebaran"

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    ReplyDelete