Monetisasi Blog Dengan Menampilkan Iklan Dari Facebook

Sobat Blogger yang belum berhasil menjadi publisher AdSense tidak usah berkecil hati, karena banyak alternatif mitra periklanan yang bisa dimanfaatkan untk monetisasi blog kita, salah satunya Facebook.

Ya, Facebook melalui layanan Jaringan Pemirsa (Audience Network) kini memungkinkan para pemilik website untuk melakukan monetisasi situs-situs seluler-nya dengan menampilkan iklan bertarget dari 2,5 juta pengiklan Facebook.

Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti langkah-langkah Monetisasi Blog Dengan Menampilkan Iklan Dari Facebook di bawah ini :

1.   Login ke akun Facebook
2.   Buka Audience Network for Mobile Web - Open Beta (https://developers.facebook.com/docs/audience-network/mobileweb)
3.   Setelah halaman Audience Network for Mobile Web - Open Beta terbuka, kemudian klik "Start Now" seperti pada gambar.

Monetisasi Blog Dengan Menampilkan Iklan Dari Facebook

4.   Setelah mengklik Start Now, Anda dapat memilih aplikasi yang sudah ada atau membuat yang baru. Dalam tutorial ini anggap saja kita belum mempunyai App ID, maka langkah berikutnya klik "Buat Aplikasi Facebook".

Monetisasi Blog Dengan Menampilkan Iklan Dari Facebook - Buat App Baru

Monetisasi Blog Dengan Menampilkan Iklan Dari Facebook - Buat ID Aplikasi Baru


5.   Setelah membuat aplikasi baru (atau memilih aplikasi bagi yang udah punya), Anda akan diarahkan ke dasbor pengembang Anda untuk meninjau dan menyetujui TOS yang berlaku.

Monetisasi Blog Dengan Menampilkan Iklan Dari Facebook - Konfirmasi TOS

6.   Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi URL situs di mana Anda ingin menampilkan iklan (mis http://my-bloqs-blogspot.com/) lalu tekan save.


7.   Langkah selanjutnya buat penempatan iklan dengan mengklik "Create Ad Placement".

Monetisasi Blog Dengan Menampilkan Iklan Dari Facebook - Penempatan Iklan

8.   Setelah membuat penempatan iklan, ambil kode HTML iklan untuk ditempatkan di Blog kita.

Monetisasi Blog Dengan Menampilkan Iklan Dari Facebook - Get HTML

9.   Salin kode HTML iklan, lalu tempatkan pada Blog yang URL nya telah kita isi pada langkah 6 di atas. Cara menempatkannya seperti biasa, bisa melalui Tata Letak dengan menambahkan Gadget HTML atau langsung pada template dengan Edit HTML (parse kode terlebih dahulu).

10.   Selesai.

Demikian penjelasan cara Monetisasi Blog Dengan Menampilkan Iklan Dari Facebook, semoga bermanfaat.


Catatan :
  • Selama masa review, iklan hanya dapat dilihat oleh admin aplikasi Facebook.
  • Iklan hanya tampil saat blog dibuka menggunakan browser mobile (HP).

4 Responses to "Monetisasi Blog Dengan Menampilkan Iklan Dari Facebook"

  1. Replies
    1. Ada dua pilihan payout gan, via paypal atau bank lokal. Mohon maaf Tutorial di atas tidak sempat mebahas cara payout. Nanti akan saya update lagi gan. Terima kasih sudah mengingatkan tentang payout nya.

      Delete
  2. Iklan dr fb ini... diperbolehkan apa tidak jika berdampingan dengan iklan lain ?? (Misal, berdampinhan dengan iklan GA, popcash, revenuehits, dsb) .. trims

    ReplyDelete
  3. wah. ternyata facebook bukan hanya sebagai situs jejaring sosial. kini bisa juga mendapatkan uang dari sana juga ya mas dengan menjadi publisher mereka. wajib mencoba ni :)

    ReplyDelete