Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Blog adalah media online yang tepat bagi seseorang atau badan usaha yang ingin mempromosikan merek mereka, industri, produk, atau jasa. Sebagai media promosi, blog tidak akan berguna jika kita (pemilik blog) tidak memahami bagaimana konsep Search Engine Optimization (SEO) berjalan dan bagaimana pentingnya bagi konten blog kita untuk muncul pada hasil pencarian teratas search engine.

Aturan SEO Friendly

membuat artikel seo friendly
Dalam konsep SEO friendly setiap artikel harus memiliki serangkaian kata kunci (keyword) yang penting untuk diambil oleh "spider" search engine yang kemudian disusun menjadi indeks untuk setiap situs web dan halaman, dalam proses yang dinamakan "crawling" atau perayapan. Search engine kemudian mengolah informasi tersebut ketika menampilkan hasil untuk pencarian tertentu. Ini berarti bahwa kata kunci harus dipilih secara cermat dengan menggunakan kata yang sama dengan yang akan digunakan oleh para pengguna search engine dalam mencari topik artikel pada blog kita.

Sejak dimulainya pengembangan search engine, telah terjadi pergeseran pada cara peringkat muncul pada hasil pencarian. Jika dulu banyak yang beranggapan bahwa "keyword stuffing" dan pemakaian kata yang sama berulang kali dapat menaikan peringkat dalam SEO adalah ide yang bagus, sekarang kita dituntut untuk mampu menyeimbangkan penerapan kata kunci yang digunakan terhadap keseluruhan isi artikel untuk mencapai peringkat yang tinggi.

Usahakan dalam setiap artikel kita selalu menggunakan judul dan subjudul agar memudahkan search engine dalam menangkap apa yang kita coba tekankan. Subjudul dapat berisi kata kunci sekunder dan dapat ditemukan pada awal paragraf. Memasukkan subjudul dalam artikel yang SEO friendly memang tidak mudah, tetapi banyak penulis/blogger telah menerapkannya dalam karya mereka, orang lain bisa mengapa kita tidak bisa?

Sertakan anchor text sebagai link. Jika Kita menggunakan link dalam tulisan Kita, maka tulisan tersebut harus dapat diklik dan pilihlah dengan cermat saat kita memilih teks pembaca. yang akan diklik oleh Ketika "spider" menjelajah halaman web baru, "spider" akan menganalisis "anchor text" dan menggunakannya sebagai panduan untuk memahami apa isi halaman web/blog. Sebuah kesalahan umum penerapan anchor text sebagai link adalah penggunaan kata-kata "KLIK DI SINI". Ketika menulis artikel, kita harus memasukkan anchor text yang relevan dengan apa yang kita maksudkan sehingga search engine membuat koneksi ke orang atau perusahaan yang tepat.

Hal lain yang penting adalah memahami bahwa link mempengaruhi peringkat kita. Search engine mempertimbangkan link sebagai masukan yang menyatakan bahwa artikel kita memiliki nilai bagi algoritma penentuan peringkat. Jika Kita menggunakan link peringkat tinggi di "anchor text" kita, search engine akan mengasosiasikannya sebagai artikel berperingkat tinggi.

Kualitas Artikel

Sangat penting untuk menulis suatu konten yang menarik dan unik baik bagi pembaca blog maupun bagi "algoritma pencarian" yang dijalankan oleh search engine. Sebagai penulis artikel blog, kita sebenarnya tidak perlu repot-repot mempelajari aspek teknis SEO yang rumit agar artikel kita secara efektif mendapat prioritas dalam pencarian oleh search engine, tetapi cukup dengan dengan memahami apa yang akan kita tulis kemudian menuangkan ide-ide kita menjadi sebuah tulisan yang menarik maka pemirsa blog lah yang akan menemukan tulisan kita bukan kita yang berusaha mencari pembaca.

Jangan biarkan kualitas tulisan kita menurun hanya karena terpaku pada keyword tertentu ketika berusaha menerapkan konsep SEO. Kualitas tulisan kita adalah apa yang akan membuat pembaca datang kembali ke situs kita. Blog yang ditulis semata-mata untuk mengoptimalkan hasil pencarian pada search engine akan memberikan ita peringkat lebih tetapi akan mengarahkan pembaca sebenarnya pergi. Ingatlah bahwa ini semua tentang kualitas tulisan kita.

Membuat sebuah blog yang bagus dimulai dengan mengetahui bagaimana menulis artikel yang baik. Sebuah blog SEO friendly akan tercipta ketika kita menulis artikel-artikel yang bermutu. Search engine tidak akan kesulitan menavigasi halaman blog kita jika artikel kita ditulis sesuai dengan "readers standards". Ini mungkin memakan waktu, namun setelah kita menemukan keseimbangan antara SEO dan isi blog kita, maka kita dengan sendirinya kita telah memiliki blog SEO friendly yang sempurna.

Semoga Artikel Cara Membuat Artikel yang SEO Friendly ini bermanfaat buat Sobat.

6 Responses to "Cara Membuat Artikel SEO Friendly"

  1. Wah, dapat ilmu baru saya. Thanks atas share nya.......

    ReplyDelete
  2. sama2 sob, terima kasih sudah berkunjung :)

    ReplyDelete
  3. saya setidaknya sudah membaca tulisan tentang membuat artikel seo friendly. disini saya sdh mendapat apa yg saya mau. sebelumnya sy belum bsa memahami tulisan dr blog yg saya singgah. tdk bermksud merendahkan mereka, sy hanyalah seorang newbie. makasih gan. sukses terus untuk your blog(my-blog).

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gan saya juga newbie kok, dapat pengetahuan juga dari blog atau site sobat2 lainnya, namun setidaknya saya senang kita bisa saling berbagi pengetahuan, sukses juga buat sobat dan blognya :)

      Delete
  4. Bermanfaat nih, soalnya kata temen2 ,,, google sekarang lebih mengutamakan indeks kata kunci di postingan, jadi teknik SEO On Page emang sangat pas :d

    salam kenal dari blog makanan sehat & tips diet

    ditunggu kunjungan balik dan komen berkualitasnya mas :d

    ReplyDelete
  5. mantap sob artikelny amakasih salam kenal :) add juga blog saya baru bikin heheh

    ReplyDelete