SEO Tools dari Blogger

Kabar gembira buat pemula

SEO Tools dari BloggerPada tahap awal pembuatan sebuah blog, Search Engine Optimization (SEO) berperan sangat penting dalam perkembangan blog tersebut. Ini tidak mudah bagi blogger pemula, yang tidak memiliki pemahaman mendalam tentang SEO, untuk memberitahukan search engine tentang keberadaan blog mereka dan bagaimana blog mereka dapat dipantau dan diindeks di search engine. 

Kabar gembira nya adalah, Blogger telah menyediakan fitur SEO bawaan pada setelan Kustomisasi Preferensi Penelusuran. Preferensi Penelusuran ini mempermudah blogger untuk menambahkan Meta Tag ke blog mereka, untuk mengatur kustomasi pesan tampilan halaman yang tidak ditemukan serta mengatur perayapan dan peng-indeks-an.

Cara Menggunakan SEO Tools bawaan Blogger

Langkah 1
Ok langsung saja ke TKP, pada Dashbor Blogger yang baru, di bawah tab "Setelan", Anda akan melihat "Preferensi Penelusuran"

Langkah 1 SEO Tools dari Blogger


Langkah 2
Setelah masuk ke Preferensi Penelusuran, Anda akan menemukan tiga opsi yaitu Tag Meta, Kesalahan Pengalihan, dan Perayap dan pengindeksan. (Seperti Tampil di bawah)

Langkah 2 SEO Tools dari Blogger


Langkah 3
Setelah Anda menemukan Preferensi Penelusuran, di bawah Meta Tag Anda akan menemukan "Deskripi". Klik pada Edit lalu centang "Ya" pada opsi "Aktifkan deskripsi penelusuran" untuk mengaktifkannya lalu klik simpan perubahan.

Langkah 3 SEO Tools dari Blogger


Langkah 4
Setelah mengaktifkan fitur Deskripsi di atas, coba buat new post atau edit post yang sudah ada, Anda akan melihat Deskripsi Penelusuran pada setelen entry (di sebelah kanan editor entri). Dengan demikian blogger dapat dengan mudah menetapkan/mengedit deskripsi masing-masing posting.

Langkah 4 SEO Tools dari Blogger


Langkah 5
Blogger dapat mengkustomasi pesan yang akan ditampilkan saat suatu halaman blog tidak ditemukan dan menentukan alamat pengalihan khusus untuk itu.

Langkah 5 SEO Tools dari Blogger


Beberapa SEO Tool Tambahan Di Blogger

Sementara sebagian besar fitur baru dari Blogger terletak pada tab Pengaturan, beberapa orang lainnya dapat ditemukan dalam editor posting.

1. Alt dan Judul Tags untuk Images: 
Setelah Anda menambahkan gambar ke postingan, Anda akan menemukan Properties, Setelah Anda mengklik opsi Properties, tambahkan Judul dan Alt untuk gambar dan klik "Ok".

Image Properties SEO Tools dari Blogger


2. Atribut rel = "nofollow". 
Ketika Anda mencoba untuk mengedit link atau menambahkan link baru untuk teks, Anda akan melihat sebuah fitur baru Rel = "Nofollow" attribute. Jika link tersebut eksternal, lalu centang kotak di samping "Add rel = nofollow attribute".

Memilih pilihan ini berarti bahwa Anda tidak ingin link ini dipertimbangkan ketika web crawler yang mencari informasi yang mereka akan gunakan untuk indeks halaman Anda.

Atribut nofollow SEO Tools dari Blogger


Demikianlah Tools SEO bawaan Blogger yang sangat membantu khususnya bagi pemula, semoga bermanfaat.

6 Responses to "SEO Tools dari Blogger"

  1. tengkyu atas informasinya gan,,, bermanfaat banget.. skarang ane jadi termotifasi untuk beralih ke tampilan baru blogger ..

    BTW< kunjungan baliknya dong >> Tips perawatan dan perbesar payudara

    tengkyu

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak informasi tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang bisa berbagi info dengan sobat, salam kenal.. :)

      Delete
  3. Mantab nih, perlu dicek ulang blogku

    ReplyDelete
  4. I feel really nice reading these articles I would like to share with my friends.


    SEO Tools

    ReplyDelete
  5. makasi gan..nambah ilmu juga nih

    ReplyDelete