Tips Memilih Frase Kata Kunci

Apa itu kata kunci, apa itu frase kata kunci? 

Dalam SEO, kata kunci, atau frase kata kunci adalah frase yang penulis/blogger targetkan untuk mesin pencari. Kata kunci harus mewakili titik utama dari sebuah halaman. Ketika orang-orang mengetikan kata-kata di mesin pencari untuk menemukan sesuatu, kata-kata itulah yang disebut kata kunci.

Tips Memilih Frase Kata Kunci 

Memilih frase kata kunci untuk mengoptimalkan halaman Web atau blog merupakan tantangan bagi para bloger. Ada begitu banyak pilihan kata kunci yang dapat digunakan dan tantangannya adalah bagaimana memilih frase yang tepat sehingga web/blog kita mendapat peringkat cukup tinggi untuk mendapatkan perhatian di dunia maya. Tapi jika Anda memperlakukan setiap halaman post di blog Anda sebagai kesempatan baru untuk dioptimalkan untuk frase yang berbeda (bahkan walaupun hanya sedikit berbeda), Anda dapat memperbesar "jaring" Anda dan menangkap lebih banyak pelanggan di dalamnya. 

Pikirkan tentang frase kata kunci yang memungkinkan 

Pertama-tama buatlah daftar frase kata kunci yang paling umum terkait apa yang akan kita tulis/posting, Usahakan untuk tidak menggunakan frase yang sudah pernah kita gunakan. 

Kemudian, perhatikan para pesaing Anda, apa kata kunci yang mereka gunakan untuk artikel yang sama? Anda dapat mengecek blog mereka melalui tool analisis kepadatan (density analyzers) sebagai perbandingan. 

Memilih antara frasa 

Setelah Anda memiliki daftar panjang dari potensi frase kata kunci, Anda perlu memutuskan mana yang ingin Anda fokuskan. Strategi yang lebih baik untuk adalah untuk fokus pada frase kata kunci yang mendapatkan beberapa volume pencarian tetapi tidak terlalu kompetitif. Untuk melihat berapa volume pencarian, kompetitif dan kepadatan kata kunci dapat menggunakan tools berikut : 

Keyword Discovery
Yahoo Search Marketing 

Carilah frase yang mendapatkan setidaknya 100 pencarian per bulan, sebaiknya lebih dekat ke 1000, dan jangan lupa untuk menguji bentuk jamak dan tunggal kalimat Anda. 

Lakukan pengujian 

Setelah Anda telah memilih frase target Anda, Anda perlu memastikan bahwa kata kunci tadi muncul di halaman blog Anda, dalam meta title, meta keyword, meta deskripsi, h1, h2, dan h3 Berita (dan h4-h6, jika Anda memilikinya), paragraf pertama teks dalam HTML, teks link, dalam teks alternatif (alt) untuk images, dan tersebar di seluruh sisa teks pada halaman. 

Selanjutnya, publish/update posting Anda dan tunggulah dengan sabar. Setidaknya butuh waktu satu bulan agar halaman tersebut tampil dalam hasil pencarian di Google. 

Semoga Artikel Tips Memilih Frase Kata Kunci ini, bermanfaat.